Contoh Pidato Mengenal Budaya Daerah Untuk Lebih Mencintai Indonesia Seutuhnya.

Mengenal Budaya Daerah Untuk Lebih  Mencintai Indonesia Seutuhnya
Mengenal Budaya Daerah Untuk Lebih Mencintai Indonesia Seutuhnya - Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi contoh pidato dengan tema ‘ Mengenal Budaya Daerah Untuk Lebih  Mencintai Indonesia Seutuhnya’ silahkan baca dan simak baik-baik di bawah ini:
Mengenal Budaya Daerah Untuk Lebih Mencintai Indonesia Seutuhnya
Assalamuallaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Pertama tama marilah kita terlebih dahulu memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt. Sang Maha Pencipta atas rahmatdan karunianya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita habibina wanabiyana Muhamad SAW, kepada keluarga sahabat dan seluruh umat Islam dimanapun berada.

Dewan juri yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai dan banggakan. 

Pada kesempatan ini perkenankan saya menyampaikan pidato dengan judul  ‘mengenal budaya daerah untuk mencintai lebih  Indonesia seutuhnya’. Indenesia adalah wilayah geografis yang terbentang dari Sabang di ujung barat  hingga merauke di ujung timur. Terdiri dari Beribu-ribu pulau, mulai dari Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua  dan pulau  lainya. Dipulau tersebut dihuni ratusan suku bangsa dengan keragaman  budayanya. Ada suku Batak, Aceh, Maluku, Bali, Sunda, Asmat dan masih banyak lagi. Setiap suku bangsa memiliki budaya yang unik dan berbeda satu dengan yang lainya. Contohnya seperti Jawa Barat ada tari Jaipong, Lampung dengan tari Bedana, Bali dengan tari pendetnya , juga pakaian adat pengantin dan senjata tradisionalnya . Di Balipun ada upacara ngaben, dan masih banyak lagi.

Keragaman budaya tersebut menjadikan Indonesia unik. Tak heran banyak orang asing datang ke Indonesia untuk belajar  budaya Indonesia. Ini menjadi bukti budaya daerah tidaklah kalah kualitasnya dengan budaya yang datangnya dari barat. Jadi haruskah kita kalah dengan orang asing yang begitu antusias mengenal budaya local yang ada di Indonesia, sementara kita sibuk mempelajari budaya barat dan melupakan budaya kita sendiri?

Kebudayaan daerah akan terus berkembang dan hidup jika pemilik kebudayaan tersebut peduli. Jika pemilik budayanya acuh dan tak peduli, cepat atu lambat budaya daerahnya niscaya akan hilang. Oleh karena itu kita sebagai bagian dari penerus bangsa ini semestinya mengenal dan mempelajari warisan luhur budaya nenek moyang kita.

Banyak cara yang dapat dilakukan mengenal budaya daerah, denga membaca buku atau majalah yang berisi tentang budaya daerah. Mengunjungi perpustakaan baik di sekolah maupun perpustakaan umum dan manfaatkan  koleksi buku yang membahas kebudayaan daerah di Indonesia untuk lebih mengenalnya. Dengan berkunjung ke tokoh adat. Misalnya kita berkunjung ke tokoh adat yang ada di suku baduy Banten. Disana kita dapat bertanya tentang adat budaya daerah itu. Menghadiri ritual adat atau upacara adat di daerah terdekat kita. Misalnya kita Menghadiri upacara pernikahan yang biasanya dilangsungkan dengan adat yang berlaku pada daerah tersebut. Mempelajari tarian-tarian tradisional, music daerah, pakaian adat daerah.Karena banyak tarian tradional, alat musik dan pakian adat di Indonesia. Pelajari dulu tarian atau alat music di daerah kita sebelum mempelajari budaya daerah lain.

Mengenal budaya daerah merupakan sarana untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap Indonesia. Dengan mengenal dan mempelajari budaya daerah, akan timbul rasa bangga dan rasa memiliki terhadap budaya sendiri.

Dewan juri yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan

Pada kesempatan yang baik ini saya mengajak teman-teman semuanya, marilah kita kenali dan lestarikan budaya daerah yamg menjadi milik kita bersama. Siapa lagi yang akan melestarikan budaya kita kaluau bukan diri kita sendiri.
Hanya sekian saja yang pidato dari saya, mohon maaaf jika terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian .

Wabilahi Taufik walhidayah Wasalamuallaikum Wr. Wb

Mengenal Budaya Daerah Untuk Lebih Mnecintai Indonesia Seutuhnya.
Demikianlah contoh pidato kali ini, kami yakin masih banyak kekurangan di dalamnya itu semua adalah bukan unsur kesengajaan kami, dan kami akan selalu memberikan yang terbaik untuk para pengunjung setia disini agar apa yang kami berikan ini  menjadi manfaat dan berguna untuk semuanya, terimakasih telah berkunjung. Dan kunjungi juga Story Telling Klik Disini